; Apa Itu Dinul Islam - Cerita Gigi

Apa Itu Dinul Islam

by - December 08, 2018


Assalammualaikum semua...

Jadi kali ini gw pengen nulis apa yang udah gw dapet di kajian minggu kemarin. Gw bilang ini bukan kajian deh ya namanya jadi kelas. Kenapa kelas karena emang dinamain kelas aja wkwk.
Pemateri biasa adalah Umi.

Dinul Islam disebut juga sebagai peraturan hidup, jadi peraturan hidup bagi seorang muslim. Peraturan hidup apa sih ? Peraturan hidup kita itu udah ada di dalam Al'Qur'an. Jadi gaya kita hidup kita itu harus sesuai dengan Al' Qur'an.

"Din" ada yang udah pernah denger ? Jujur baru kali ini gw denger di kelas bareng Umi. Din itu ternyata banyak artinya.


  1. Din sebagai Ideologi, Pemikiran, Tata cara hidup. Dalam QS 3 : 19 Din itu artinya aturan islam. "Sesungguhnya agama disisi Allah ialah islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang telah diberi kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian diantara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah, maka sungguh Allah sangat cepat perhitungan". Disini sudah jelas agama disisi Allah hanya islam.
  2. Din sebagai Pembalasan. Dalam QS 1 : 4 Dini disini artinya hukuman. "Pemilik hari pembalsan." 
  3. Din sebagai Tata cara ibadah. Dalam QS 109 : 06. "Untukmu agamamu dan untukku agamaku" 
  4. Din sebagai Kekuasaan Allah. Dalam QS 3 : 83. "Maka mengapa mereka mencari agama yang lain selain agama Allah, padahal apa yang dilangit dan dibumi berserah diri kepadanya, (baik) dengan suka maupun terpaksa, dan hanya kepada-Nya mereka dikembalikan."

Sekian dari blog gw kali ini kalau ada salah-salah mohon koreksinya karena gw juga masih dalam proses belajar. Yang benar datangnya dari Allah. 

You May Also Like

0 comments

Translate

Sponsor

loading...