; Naskah Role Play Etikolegal [II] - Cerita Gigi

Naskah Role Play Etikolegal [II]

by - December 14, 2018




TEKS ROLE PLAY

Di tukang Sayur

Ibu A               : ibu mau beli sayuran apa nih ?
Ibu Hamil        : gatau nih bu saya lg pengen mangga muda
Ibu B               : wah bu lg hamil yah ?
Ibu hamil         : belum tau sih bu, belum cek tapi saya sudah telat. Bidan yang bagus disini dimana yah bu ?
Ibu A               : wah alhamdulilah kalau sudah isi, di bidan X aja bu dia memang agak kurang pelayanannya, tapi murah banget banget bu. Ya lumayanlah bu buat kita-kita.
Ibu hamil         : bener bu ? nanti deh saya ajak suami saya ke bidan X

Di rumah

Ibu hamil langsung membicarakan informasi yang dia dapat saat membeli sayuran.
Ibu hamil         : pa ayo kita periksa ke bidan soalnya ibu sudah telat 3 minggu.
Bapak              : ke bidan mana bu ?
Ibu hamil         : kata ibu A ke bidan  X  pak, bagus murah lagi.
Bapak              : yasudah ayok bu.

Di bidan

keesokkan harinya ibu dan bapak pergi ke BPM.
Asisten            : selamat siang bu pak, silahkan duduk bu pak,  ada yang bisa saya bantu ?
Ibu hamil         : begini bu saya ingin periksa kehamilan saya pada bu bidan X
Asisten            : baik bu tunggu sebentar yah.
 (beberapa menit kemudian ) silahkan masuk bu,pak

Di dalam ruangan

Bidan X          : selamat siang bu pak, ada yang bisa saya bantu ?
Ibu hamil         : saya mau cek dikarnakan saya sudah telat 3 minggu.
Bidan X          : sudah coba pakai tespek bu ?
Ibu hamil         : sudah hasilnya positif bu
Bidan X          : apa ibu merasa mual pusing ?
Ibu hamil         : saya merasa sangat pusing bu bidan.
Bidan X          : baik bu saya periksa silahkan berbaring
(selesai periksa )
Ibu hamil         : bagaimana bu keadaan bayi dan saya sendiri ?
Bidan X          : begini bu, ibu harus teratur ceknya yah selama 3 bulan sekali, dikarenakan ibu mengalami anemia.
Suami              : tapi tidak apa2 kan bu bidan ? karna ini  kehamilan pertama istri saya, saya sangat menantikkannya. Apa istri saya perlu dirujuk ke rumah sakit bu ?
Bidan X          : tenang saja pak, jika cek teratur tidak akan terjadi apa2. Nanti lahiran tetap disaya yah pak. Tidak perlu dirujuk pak, oleh sayapun bisa diatasi pak tenang saja.
Suami              : syukurlah kalau begitu,tapi benar bu istri saya tidak perlu dirujuk ? 
Bidan X           : tidak pak tidak usah. Percaya pada saya.
Suami              : baiklah bu.
(keluar)

7 bulan kemudian

Ibu hamil         : aduh pa perut ibu mules aduh...
Suami               : ibu mau melahirkan?
Ibu hamil         : tidak mungkin pak kan masih 7 bulan
Suami              : ya sudah ayo kita periksa saja ke bu bidan
Ibu hamil         : ayo pa ibu sudah tidak kuat

(di bidan)
Ibu hamil         : aduhh pa sakit..
Suami              : ibu bidan tolong istri saya kesakitan. Kenapa yah ? kemarinkan istri saya diperiksa tidak kenapa-kenapa.
Bu bidan         : mari pa saya periksa istri bapa

(setelah diperiksa)
Bu bidan         : bapa tunggu sebentar ya saya persiapkan terlebih dahulu alat2 nya karena istri bapa harus segera melahirkan
Suami              : loh ko kan belum waktunya?
Bu bidan         : nanti ya saya jelaskan pa, saya akan menyelamatkan istri dan anak bapa terlebih dahulu
Suami              : tolong jelaskan bu ? istri saya baru 7 bulan, apa ada kelainan ?
Bidan X          : tidak pak, tenang saja istri bapak baik-baik saja.
Suami              : mengapa istri saya harus melahirkan premature, kemarin saat konsultasi istri saya bisa melahirkan sesuai bulan ?
Bidan X          : euu, euuuu sudahlah sudah pak, jangan dulu bertanya. Saya urus dulu istri bapak.
(diruangan bersalin)
Bu bidan         : ayo bu ngeden bu
Ibu hamil         : sakit bu bidan sakit
Bu bidan         : bu sabar ya ibu mengalami pendarahan
Suami              : bagaimana sih bu ko bisa mengalami pendarahan?,bagaimana nasib istri dan anak saya
Bu bidan         : diam pa jangan bikin saya makin bingung
Suami              : lah ko ibu bidan bingung, kan ini sudah keahlian ibu bidan. Ibu bidan bilang tidak akan terjadi apa-apa pada anak dan istri saya ?
Bu bidan         : sudah2 bapa diam saja. Keluar sana

(beberapa menit kemudian)
Bu bidan         : selamat pa anak bapa sudah lahir, tapi saya mohon maaf istri bapa mengalami perdarahan hebat sehingga istri bapa tidak dapat di selamatkan

(keesokan harinya)
Suami dari ibu hamil melaporkan tindakan bidan X yang melakukan tindakan yang bukan wewenangnya, tidak melakukan rujukan dan berbohong pada pasien bahwa pasien sudah sembuh dari anemia.
Polisi               : tok tok tok..
Bu bidan         : ada yang bisa saya bantu pa?
Polisi               : selamat pagi bu, saya dari polda metro jaya saya mendapat aduan bahwa ibu melakukan tindakan ilegal. Dengan kasus bidan melakukan tindakan yang bukan wewenangnya, tidak melakukan rujukan,dengan ini ibu saya tangkap karena sudah melanggar etika profesi kebidan dan tidak bertanggung jawab.
Dan akhirya bidan X dipenjara .

You May Also Like

2 comments

Translate

Sponsor

loading...